Iklan

Senin, 29 Desember 2014

Longsor raksasa ancam Wilayah majenang


Lebih Besar dari Longsor Jemblung, Banjarnegara
CILACAP- Longsor dengan skala jumbo mengancam Kabupaten Cilacap, tepatnya Dusun Cijinjing Desa Cibeunying Kecamatan Majenang. Bahkan, sudah terbentuk mahkota longsor, tepat diatas pemukiman warga. Retakan tersebut mencapai radius 1 km, dengan lebar retakan paling besar mencapai 1 m.
“Pergeseran tanah paling besar hari ini. Awal kejadian baru 5 cm sekarang menjadi 30 cm. Di jalan bahkan mencapai 50 cm. Dinding rumah warga ada yang bergeser antara 30-50. Ini lebih cepat dibanding hari pertama paska ledakan sepekan lalu,” ujar Dandim Cilacap, Letkol Inf Feri Irawan, Kamis (25/12) kemarin usai memimpin tim gabungan meninjau lokasi.
Dengan tanda-tanda yang sudah terlihat ini, dia mengatakan, jika mahkota longsor telah terbentuk. Kondisi ini harus diwaspadai karena longsor bisa terjadi kapanpun. Bahkan dia memperkirakan hanya dalam hitungan hari tanah longsor ini akan muncul.  “Mahkota longsor sudah terbentuk. Sekarang tinggal menghitung hari,” kata Feri Irawan.
Saat ini, Dandim mengatakan, sudah ada empat rumah rusak akibat terjadi pergerakan tanah. Salah satu tembok rumah bahkan sudah bergeser dan lepas dari sambungan antar dinding. Rumah tersebut diperkirakan berada di jalur retakan. Hasil pantuan kemarin juga melihat banyak retakan makin melebar dibanding sebelumnya.
Untuk sementara, TNI bersama dinas terkait sudah mengungsikan warga ke tempat yang lebih aman. Pusat pengungsian berada di mushala dan SD 04 Cibeunying. Sebagian warga lainnya memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka.
“Total ada 34 kepala keluarga dan 133 jiwa dan sudah kita ungsikan,” kata Dandim.
Feri Irawan menambahkan, ancaman longsor ini diperkirakan jauh lebih besar dibanding kejadian serupa di Kabupaten Banjarnegara, yakni Longsor Dusun Jemblung yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.
Feri mengatakab, longsor ini diduga akan diikuti ancaman banjir.  “Tanah longsor akan membentuk dam di hulu sungai Cijalu. Kalau jebol, akan terjadi bah dan mirip peristiwa di Papua,” katanya.
Ketua Forum Relawan Bencanan Indonesia (FPBI) Cilacap, Giri Widodo menambahkan, retakan tanah memiliki panjang hingga 1 km . Tanah longsor ini akan menutup sungai Cijalu dan mengakibatkan banjir di sejumlah desa. Air limpasan Cijalu juga akan mengalir deras ke hulu sungai Cilopadang.
“Jika longsor terjadi, warga di sepanjang aliran kedua sungai ini harus waspada. Mulai dari hulu sampai hilir,” katanya.
Usai pemantaun, tim gabungan yang terdiri atas relawan, Muspika, SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap dibantu warga dan relawan membentuk pos pantau. Kodim kini juga telah membuka pos utama di Koramil Majenang untuk mengatur segara proses penangangan ancaman bencana longsor di Desa Cibeunying. (har/dis)
sumber: http://www.radarbanyumas.co.id/longsor-raksasa-ancam-cilacap/


BERANDA 

Terkini